17 Contoh Narrative Text Pendek Terbaik dalam Bahasa Inggris

17 Contoh Narrative Text Pendek Terbaik dalam Bahasa Inggris

English Admin memahami cerita narrative text berbahasa Inggris. Inilah 17 contoh narrative text singkat untuk belajar bahasa Inggris di bangku sekolah menengah. Dalam pelajaran text genres, cerita sering disamakan dengan narrative yang merupakan topik wajib bagi anak sekolah yang harus dikuasai ketika sedang belajar bahasa Inggris.

Pertanyaaanya kenapa kita harus belajar contoh teks narrative ketika belajar bahasa Inggris? Memang pada waktu dahulu belajar bahasa Inggris itu sangat identik dengan grammar dan structure. Maka ketika bicara pelajaran bahasa Inggris biasanya berasosiasi langsung dengan pembahasan 16 tenses, cara merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif, cara membuat kalimat tidak langsung, dan aturan kaku lainnya tentang penyusunan kalimat.

Sekarang belajar bahasa Inggris di sekolah menengah lebih dikaitakan dengan memahami dan menulis jenis jenis teks. Diantara macam teks yang paling banyak porsinya untuk dipelajari adalah teks cerita. Inilah inti pembahasan kita saat ini. Teks cerita sering dikaitkan dengan teks narrative. Tidak salah memang meski ada beberapa yang perlu diluruskan. Dalam cerita, teks inggris bisa berupa naratif, recount, atau spoof. perbedaanya bisa pada cara penyusunannya. Pola dan pattern penyusunan cerita ini disebut generic structure.

Apa dan bagaimana teks narrative itu harus dipahami. Inilah tujuan utama artikel yang bersi 17 contoh narrative text pendek, tidak panjang, alias singkat, yang diaggap terbaik dalam blog ini. Untuk itu kita mulai saja apa pengertian dari narrative text ini. Amati gambar dibawah.!

pengertian teks narrative bahasa Inggris

Penjelasan yang cukup lengkapa tentang pengertian dan contoh narrative text bahasa Inggris menurut Wikispace

Jadi teks narrative itu adalah teks cerita yang tersusun dari unsur orientation, diteruskan dengan complication dan ditutup dengan cara resolution. Ketiga unsur tersebut sangat penting untuk membedakan antara teks narrative dengan jenis teks lainnya.

Meskipun begitu kalau kita sederhanakan, complication lah yang paling menjadi inti dari teks narrative. Cerita tanpa adanya complication atau pertentangan diatara para pelaku cerita tidak bisa dinamakan sebagai teks narrative. Untuk memulai, langsung saja daftar teks narrative dibwah ini

Narrative text kebanyakan ditulis dengan gaya menggunkan past tenses karena memang berkenaan dengan sebuah peristiwa yang telah terjadi (seandainya bukan cerita rekaan). Disamping itu, layaknya banyak cerita, teks narrative juga memanfaatkan contruksi direct sentences (kalimat langsung) dalam dialog antar tokoh cerita. language feature lainnya bisa dicari sendiri dalam cerita diatas .

Kumpulan Contoh Narrative Text Singkat Bahasa Inggris dengan Analisa Generic Structure

Semua teks narrative dalam cerita berikut sebisanya akan dilengkapi dengan analisa generic structure secara bertahap. Karena agar bisa mengindetifikasi mana tulisan yang termasuk teks narrative dan maan yang bukan adalah dengan cara menemukan complication dalam cerita tersebut. Sementara itu, usaha menemukan unsur complication dengan cara paling gampang adalah dengan melakukan analisa terhada unsur strukturnya, yaitu generic structure. Inilah 16 cerita singkat yang masuk kategori sebagai contoh narrative text untuk belajar bahasa Inggris berbasis jenis teks di sekolah menengah di Indonesia.

1. Example of Narrative Text: Story of Thumbelina + Generic Structure & Artinya. Cerita Thumbelina ini begitu terkenal di tengah masyarakat. Tapi tahukah kenapa cerita rakyat ini bisa dikelompokkan sebagai teks narrative? Ya karena didalam cerita tersebut dikembangkan dengan munculnya pertentangan antara para pelaku cerita. Complication yang dialami antara Thumbelina dan ibunya di satu fihak berhadapan dengan si penyihir di lain pihak adalah bangunan complication yang bisa menghidupakan alur cerita. Lebih lanjut baca sendiri ceritanya ya? Hehe

2. Narrative Text “Mouse and Frog” – Contoh, Generic Structure & Terjemah. Satu lagi cerita fable ini bisa dipakai untuk belajar bahasa Inggris berbasis teks terutama naratif story. Masih ingant kenapa cerita fable (cerita tingkah laku binatang) bisa digolongkan sebagai teks narrative? Sama seperti contoh pertama diatas, semua narrative text harus mengikutkan bangunan complication didalam plot ceritanya. Hal ini menjadi suatu keharusan karena hampir semua struktur tulisan atau alur plot cerita itu harus menggoda dan tidak membosankan pembacanya. Cara memperoleh perhatian pembaca adalah dengan memasukkan unsur pertentangan. Konflik inilah yang melatarbelakangi timbulnya complication.

3. Narrative text – Contoh & Generic Structure: Hare and Tortoise. Tak ada bosannya membaca cerita tentang prilakuk binatang. Fable menjadi begitu menarik karena ada banyak nilai budi dan kebaikan yang terkandung didalamnya. Pembaca akan mendapat banyak pelajaran hidup yang baik. Nilai moral menjadi fokus utama sebua cerita fable. Inilah kenapa fable menjadi salah satu cerita yang paling sering dipelajari ketika memahami contoh narrative text. Ingin tahu banyak tentang story of hare and tortoise? Cerita kelinci dan kura-kura ini penuh intrik dan kelicikan meski dibungkus dengan gaya kelucuan ini layak untuk dibaca.

4. Snow White; a narrative text. Siapa yang tidak pernah denganc cerita yang melegenda ini? Ya cerita failry tales tentang keajaiban dan mukjizat yang membantu akan keberhasilanya suatu kebaiakan. Cerita Sow White. Si Putri yang berjuang untuk mendapatakan harkat dan martabatnya. Hak untuk di cintai, hak untuk dikasihani, dan hak untuk dihargai baik sebai putri maupun sebagi seorang wanita. Komplikasi yang dibangun membuat cerita Snow White bahasa Inggris ini menarik untuk dibaca.

5. Contoh / Example of Narrative Text “The Story of Toba Lake”. Legenda sering didefinisikan sebagai cerita rakyat yang berhubungan dengan asal usul suatu tempat. Sejarah dalam cerita rakyat Danau Toba ini bermula dari ketidakmampuan soerang suami sekaligus seorang ayah untuk memenuhi komitmentay atas janji yang teah diucapkan. Perjuangan memegang janji inilah yang menjadi major complication dalam cerita legenda danau Toba dan karena ada unsur komplikasi maka secara jelas cerita legenda Danau Toba ini bisa dianggap sebagi contoh narrative text legend dalam bahasa Inggris.

6. Narrative Example in Arabian Story. Cerita 1001 malam dari tanah timur tengah. Perjuangan seorang ratu dalam mencari pendamping hidup yang berliku-liku. Ada banyak anggapan bahwa ketika modal ada, tampilan fisik mendukung, kemampuan dan kekuasaan ada di gengggaman maka urusan mencari pendamping hidup itu sangat mudah. Nyatanya bagi Queen Maura pada cerita diatas tidak seperti itu. Justru karena sekian kelebihan itulah mencari pendaping menjadi penuh tantangan.

7. Example of Narrative Text: The story of Rabbit and Bear. Lagi tentang cerita fable sebagai caontoh teks narrative bahasa Inggris. Kali ini adalah perseteruah antar 2 hewan yang berprilaku layaknya manusia, yaitu kelinci dan beruang. Bagaimana komplikasi didalamnya dan bagaimana pertentangan itu diakhiri? Baca sendiri selengkapnya.

8. Narrative Text: Love Story of Antony and Cleopatra. Cerita bertema cinta menjadi daftar panjang teks bentuk naratif yang pernah ditulis. Alasannya sederhana cerita cinta berarti bagaimana cara mempertahankan atau memperjuangkan cinta tersebut. Hal itu berarati penuh dengan pertentangan diatara para tokoh cerita. Kali ini adalah cerita cinta tak sampai keujung kebahagiaan kerana berakhir dengan kesedihan (sad ending). Ya cerita cinta antara panglima Roma yang gagah Antonius dan Ratu Mesir yang rupawan Cleopatra.

9. Contoh Lain Text Narrative – Let’ Me Love You. Masih belum bosan dengan cerita bertema cinta? Ini lagi satu kisah cinta yang menggetarkan hati. Perjuangan cinta oleh sepasang muda mudi yang harus berpisah karena penyakit yang dideritanya. Sangat romatis namun tragis, meyesakkan bagi para pengagum happy ending hehe.

10. Narrative Text in Folktale: “The Three Feathers Story”. Berprilaku adil meski bagi seorang rajapun kadang tidak mudah. Bagi pelaku utama, mendapat keadilan dan kelayakkan hidup menjadi perjuangan yang begitu keras meski sama-sama putra bangswan. Justru inilah pelajarannya bahwa ditempat dan kondisi apapun kecenderungan adanya kejelakan, dan keburukan sering mengganggu pihak kebaikan.

11. Example of Narrative Text in the Legend of Tangkuban Perahu. Sebenaranya ini adalah cerita klasik yang bertema kisah cinta yang tak sampai. Kalau di luar sono ada cerita Oedipus Complex, kita juga punya cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi sebagai legenda gunung Tangkuban Perahu. Komplikasi didalamnya, diatara para pelaku cerita begitu jelas bisa dibaca dan dirasakan. Itulah kenapa cerita legenda ini bisa dimasukkan sebagi contoh narrative text bahasa Inggris yang berciri khas lokal.

12. Narrative in Love Story “Naruto and Hinata”. Lagi cerita bahasa Inggris bertema cinta yang dieksplor dari sisi budaya pop. Bagaimana cara mengutarakan rasa cinta? Pertanyaan itu rasanya begitu mudah dijawab namun banyak yang merasa menjadi sulit ketika ada dalam posisi sedang mencintai diawal perjuanganya hehhe. Baca saja sendiri selengkapnya cukup menggemaskan.

13. The Thirsty Crow; a narrative text. Pelajaran yang bisa diambil dari cerita thirsty crow ini adalah kesempatan memeng sering datang secara tidak diduga namun bagaimana kesempatan yang datang dengan sendirinya itu mampu membuahkan suatu keberhasilan? Ternyata masih perlu kerja kerasa lagi. Inilah kekuatan cerita narrative yang bisa memberikan pelajaran moral yang baik dan bersemangat bagi yang membacanya.

14. The Smartest Animal; a narrative text. Cerita fable atau cerita hewan dan juga cerita lainnya sering memeperkenalkan satu participant yang disebut sebagai yang terbaik, terpintar, dan ter-ter lainnya. Baca saja sendiri bagimana asik dan menyenangkanya membaca cerita sambil belajar bahasa Inggris dasar ini.

15. Kite’s Tale as Example of Narrative. Cerita tentang layang layang yang berjuang untuk kembali setelah lelah berpetualang bersama para angin. Usaha keras untuk kembali bagi layang layang ternyata tidaklah mudah. Ada bayak rintangan dan halangan yang dihadapi oleh layang-layang. Baca sendiri ya hehhe

16. Narrative Text – Contoh & Generic Structure – The Monkeys and The Cap Seller. Karakter monyet sering sekali dijadikan bahan pelukisan terhadapa suatu tokoh cerita yang usil. Participant menjadi unsur penting dalam sebuah cerita narrative bahasa inggris. Meski begitu, manusia adalah tetap yang terkuat dalam menghadapai para monyet nakal ini heheh.

17. Contoh Narrative Text Legenda: Story of Sura and Baya Cerita narrative legend tentang asal usul suatu daerah. Bagimana certia rakyat dibalik terjadinya nama kota Surabaya dan bagaiman bisa cerit rakyat itu dikelompokkan sebagai teks naratif bahasa Inggris.

Beberapa hal yang perlu dipersiapakan agar bisa mengerti teks cerita dengan cepat adalah pengetahuan akan tenses past yaitu simple past tense, past continuous tense, dan past perfect tense. Disamping tenses past, teks cerita narrative bahasa Inggris juga harus didahului dengan kemampuan merubah kalimat langsung dan kalimat tidak langsung 9direct indirect speech)

Itulah 17 contoh narrative text pendek bahasa Inggris terbaik yang ada di blog ini. Dianggap terbaik karean memenuhi hampir semua unsur yang disyaratkan seperti generic structure dan juga language feature. Teks narrative diatas sudah mewakili jenis cerita pada umumnya seperti fable, myth, dan legend.

Akhirnya memahami teks narrative bahasa Inggris tidak boleh diaggap hanya sebagai materi pelajaran yang tidak menyentuh pelajaran moral. Smue contoh teks narrative harus mampu memberikan sentuhan moral, kebaikan budaya, nilai religiusitas, dan local genius masyarakt kita. Itulah manfaat membaca dan memahami cerita narrative text dalam bahasa Inggris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks News Item +kunci+jawaban

Kumpulan Soal Report Text SMA dan Pembahasan

Spoof Text Beserta Soal dan Jawaban (toilet bus)