16 Contoh Explanation Text Terbaik dalam bahasa Inggris

16 Contoh Explanation Text Terbaik dalam bahasa Inggris

Explanation text adalah suatu teks bahasa inggris yang berusaha menjelasakan bagimanan sutu hal object itu terbentuk. Inilah 16 contoh explanation text terbaik dalam blog ini. Learning English texts di SMA tidak akan terlepas dari contoh explanation text. Dalam kamus “explanation” berarti “penjelasan”. Apa dan bagimana teks penjelasan dalam bahasa Inggris itu sebenarnya? Kalau kita lebih teliti, jenis text eplanaton itu sangat mirip dengan contoh procedure text. Kedua jenis teks bahasa Inggris ini menunjukkan kepada pembacanya cara kerja suatu hal.

Meski begitu antara explanation dan procedure mempunyai perbedaan yang cukup jelas. Semua contoh explanation ditulis dalam bahasa affirmative. Sedangkan teks procedure bahasas Inggris disusun dengan bahasa imperative. masih ingat cara membuat kalimat affirmative, negative, interrogative, dan imperative dalam bahasa Inggris? Tentu kalau kita mau buka-buka lagi pelajara terdahulu, ke empat jenis kalimat tersebut cara membuatnya cukup mudah.

Kita disini tidak membicarakan cara membuat macam-macam kalimat bahasa Inggris diatas. Artikel ini lebih fokus mengenal dan memahami berbagai macam contoh explanation text berbagai topik yang mirip dengan teks procedure tapi jelas jelas berbeda antara keduanya. Untuk membaca perbedaan antara teks explanation dan teks procedure, baca DISINI. Nah sudah baca? Saatnya sekaran kita akan melihat contohnya.

Berikut adalah daftar 16 contoh explanation text yang danggap terbaik dalam blog ini. Semua teks dengan jenis explanation akan berusaha menjawab pertanyaan bagaimana suatu objek itu terbentuk atau kenapa objek tersebut terjadi.

Generally the purpose of an explanation text is explaining how something forms or why the thing happens. So when we read an explanation text, the text will cover the answer of “how” or “why” relating to a thing or a phenomenon. An explanation text is organized with the generic structure of a general statement and a sequence of explanations.
Pengertian dan contoh explanation text bahasa InggrisSetelah mengetahui pengertian dan teori apa itu explanation text dal genres bahasa Inggris, sekarang kita lihat 16 contoh expalantion text bahasa Inggris dalam berbagai topik pembahasan. Bebarapa diantaranya adalah explanation text about HOW relating to natural phenomena, HOW a stuff works or a things is made, dan WHY something happens.

Contoh ke 1 Explanation Text Sample about Roman Road tentang penjelasan bagaimana jalan-roma itu dibuat pada jamannya. Inilah salah satu contoh teks explanation bahasa Inggris tentang bagaimana suatu hal itu dibentuk

Example of explanation text about how roman road built

The information on how roman roads were constructed is to give an example of explanation text

Contoh ke 2 How Chocolate is made; an Example of Explanation text kalau wacana bahasa Inggris ini pasti semua suka. Hem ya tentang asal usul heheh coklat yang lezat. Teks ini menjawab pertanyaan bagaiamana coklat itu diproduksi.

explanation text how chocolate is made

The process of making chocolate from cocoa tree to chocolate is written for an example of explanation text

Contoh ke 3 Seasons as Example of Explanation Text tentang pertanyaan ilmiah bagaimana terjadinya musim didunia ini. Kalau di kita ada 2 musim kemasu dan penghujuan kalau di belaan bumi yan glain ada 4 musim bagimana itu terjadi? Teks explanation yang akan menjawabnya

example of explanation text how season happen

How seasons change from summer, autumn, winter, and spring is written as an example of explanation text

Contoh ke 4 Contoh / Example of Explanation Text about EarthquakeT hal yang paling mengerikan ketika ada benacana alam. Salah satunya adalah gempa bumi. Bagaimana gempa bumi itu terjadi? Baca contoh teks explanation berikut!

contoh teks explanation tentang gempa bumi

ulasan penjelasan bagiman proses terjadinya gampa bumi (earthquake) menjadi contoh explanation text bahasa Inggris

Contoh ke 5 Example of Explanation Text – How a Plane Flies berikut adalah contoh explanation yang paling terkenal untuk belajar jenis teks bahasa Inggris explanation. Pertanyaan bagaimana pesawat terbang itu bisa terbang tinggi di udara dijelasa dengan singkat namun detil heheh. Pingin tahu, baca ini!

example of explanation text about how plane fly

Explaining the plane can fly is the best example of explanation text about HOW

Teks explanation ke 6 Contoh / Example of Explanation Text about Bali Island Ini adalah salah satu jenis explanation text yang cukup unik karean tidak membahas bagaimana suatu hal itu terjadi. Contoh teks  tentang pulau Bali ini menjelasakan pertanyaan KENAPA Bali itu terkenal

contoh explanation text tentang bali

Menajawab pertanyaan “Why is Bali famous for tourism?” adalah contoh explanation text bahasa Inggris

Contoh teks explanation ke 7 Why Summer Daylight is Longger than Winter Daylight; an explanation text teks ini berusaha menjelaskan bagiaman lama siang hari di musim satu dengan yang lainnya itu berbeda. Penjelasannya baca aja sendiri hehe.

example of explanation text about why question

Anwering the question “why is daylight in summer longer than in winter?” is an example of explanation text

Contoh teks explanation ke 8 Contoh Explanation Text: How Fuel Warning Light Work  menjelaskan bagaimana fuel light warning itu berfungsi dengan baik sehingga pengendara tahu kapan bahan bakarnya habis atau masih penuh.

contoh explanation text how fule light

Penjelasan bagaimana proses fuel light warning bekerja adalah contoh explanation text bahasa Inggris

Contoh teks expalanation ke 9 How Day and Night Happen: Contoh Explanation Text Sangat Pendek yang menjelasakan bagaimana bisa terjadi malam dan siang. Pingn tahu, baca penejelasannya di sini.

example of explantion text how day and nignht happen

Kejadian alam bagaimana siang dan malam itu terjadi bisa ditulis dengan explanation text

Contoh ke 10 Example of Explanation Text: How Tsunami Happens yang menjelasakan bagaimana bencana tsunami itu terjadi. Bagaimana ombak besar seperti itu menghatam dataran pantai. Baca penjelasannya disini.

sgort example of explanation text about tsunami

A tsunami happened in Hawaii. How it is happens is written in the form of example of explanation text

Teks explanation ke 11 Explanation Text with Generic Structure: How Rain Happens ini adalah topik teks explanation yang paling umum dipakai untuk belajar jenis teks ini, yaitu bagaimana terjadinya hujan.

exmpale of explanation text about rain

A text describing how a rain happens is best example of explanation text, image at commons.wikimedia.org

Teks explanation ke 12 How Cell Phones Work: Example of Explanation Text with Generic Structure menjelaskan bagiaman bisa handphone yang sering kita pakai dalam komunikasi sehari-hari itu berfungsi dengan baik.

example of explanation text about cellphone work

When writing about how a cellphone work, it is actually an example of explanation text

Contoh ke 13 Example of Explanation Text with Generic Structure: Flying Kites  tentang layang-layang itu bisa terbang. Sama seperti pesawat yang bisa terbagn tinggi di udara. Wacan ini menjawab semua itu.

example of explanation text about how kite flies

Do you know how a kite flies? When you write to describe it, your writing is an example of explanation text

Contoh ke 14 Example of Explanation Text and Generic Structure: CANCER tentang cancer yang bisa tumbuh di tubuh manusia.

explanation text about cancer disease

Penjelasan bagaiaman cancer itu terbentuk ditubuh manusia sebagai contoh explanation text

Teks expalanation ke 15 Do You Know Why Eiffel Tower was Built?; Explanation Sample menjelasakan alasan kenapa tower Eiffel itu dibagun pada jamannya.  Sama seperti contoh explanation tentnag Bali diatas, teks tentang menawa Eiffel ini juga lebih pada penjelasan pada alasan dibangunnya.

example of explanation text about eiffel tower

The reason behind bulding Eiffel Tower is an example of explanation text

Contoh explanation yang ke 16 Contoh Explanation Text dan Generic Structure: Gerhana Venus menjelasakan bagaimana gerhana venus itu terjadi. Baca didalamnya juga disediakan analisa generic structure sehingga lebih mudah dalam belajar menulisnya.

contoh explanation text gerhana venus

Venus Eclipse adalah fenomena alam seperti gerhana matahari dan bulan, bagiamana terjadinya venus eclipse ditulis menjadi contoh expalanation text

Hampir semua contoh teks explanation diatas berkaitan dengan gejala alam. Hanya sedikit bertmema gejala sosial. Memang benar teks explanation lebih banyak kita dapati dalam koran dan majala serta tulisan jurnal berbahasa Inggris kebanyakan tentang natural phenomena. Namun begitu dalam contoh-contoh diatas, sebenaranya juga sudah ada contoh teks explanaation bertema gejala sosial misalnya  teks why Bali is famous dan why Eiffel tower was built. Kedua contoh itu masuk dalam katagori teks explanation menjawab pertanyaan WHY. Untuk contoh teks explanation how bertema sosia bisa membaca 5 contoh explanation text about social phenomena. Ada beberapa contoh tema sosial yang bisa dimasukkan dalam tulisan berjenis explanation text.

Itulah 16 contoh explanation text yang dianggap terbaik dalam bahasa Inggris. Terbaik dalam artian dianggap memenuhi kriteria generic structurenya teks explanation bahasa Inggris. Semoga bisa membantu memahami berbagai jenis teks bahasa Inggris dengan mudah. Happy learning English Online!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks News Item +kunci+jawaban

Kumpulan Soal Report Text SMA dan Pembahasan

Spoof Text Beserta Soal dan Jawaban (toilet bus)