Pengertian dan Contoh Concessive Clause dengan ALTHOUGH dan EVEN THOUGH

Pengertian dan Contoh Concessive Clause dengan ALTHOUGH dan EVEN THOUGH

Apa pengertian Concessive Clause itu? Concessive Clause adalah anak kalimat yang diawali dengan kata ALTHOUGH atau EVEN THOUGH dan menunjukkan arti SEBALIKNYA dari induk kalimat. Ini adalah rankaian dari kalimat majmuk (complex sentence) yang terdiri dari main clause dan subordinating caluse dengan struktur untuk menghasilakan makna yang sebaliknya.

Struktur konsesif ini paling sering digunakan dalam contoh discussion text dimana jenis teks ini berusaha menyajikan argumetasi yang berimbang. Selain kata ALTHOUGH dan EVEN THOUGH, ada kata lain yang mempunyai makna yang sama yaitu IN SPITE OF dan DESPITE. Ke empatnya kalau diterjemahkan dengan sederhanan mempunyai padanan arti dengan kata MESKIPUN

Persamaan dan Perbedaan ALTHOUGH, EVEN THOUGH, IN SPITE OF, dan DESPITE dalm Kalimat Bahasa Inggris
Seperti dikatan diatas kemepat kata ALTHOUGH, EVEN THOUGH, IN SPITE OF, dan DESPITE mempunyai arti MESKIPUN. Semua kata-kata itu bisa digunakan dala hampir semua tipe kalimat bahasa Inggris yang menunjukkan makna kebalikan. Perhatikan contoh kalimat berikut:
Although it was raining, he walked to the station.
Even though he was very old, he walked to the station fast.
In spite of the rain, he walked to the station.
Despite being tired, he walked to the station.

Semua kata Concessive diatas bisa diterjemahkan dengan kata MESKIPUN atau kata lainnya yang mempunyai makna yang mirip misalnya WALAUPUN, AKAN TETAPI, NAMUN, dan lainnya

Meskipun secara pemakanahan keempatanya mempunyai arti yang sama TETAPI tidak dalam struktur kalimat. ALTHOUGH dan EVEN THOUGH wajib diikuti dengan kalimat baru. Sementara itu IN SPITE OF dan DESPITE harus diikuti frasa saja.

concessive clause although even though in spite of despite

Contoh ALTHOUGH, EVENTHOUGH dalam Kalimat Concessive Clause

Berikut diberikan beberapa contoh kalimat majmuk bahasa Inggris dengan makna sebaliknya dengan kamimat induknya dengan menggunakan although dan even though
1. Although it was cold, Marie didn’t put on her coat.
(Meskipun dingin, Marie tidak mengenakan mantelnya.)

2. Although she is beautiful, everybody hates her.
(Meskipun dia cantik, semua orang membencinya.)

3. Although I was very hungry, I couldn’t eat.
(Meskipun saya sangat lapar, saya tidak bisa makan.)

4. Jane rarely sees Alan although they are neighbors.
(Jane jarang melihat Alan meskipun mereka tetangga.)

5. Although the weather was bad, we had a good time.
(Meskipun cuacanya buruk, kami bersenang-senang.)

6. Although we had planned everything carefully, a lot of things went wrong.
(Meskipun kami telah merencanakan semuanya dengan cermat, banyak hal yang salah.)

7. Although she is beautiful, everybody hates her.
(Meskipun dia cantik, semua orang membencinya.)

08. Lexy rarely sees Cody although they are neighbors.
(Lexy jarang melihat Cody meskipun mereka bertetangga.)

9. Although I was very hungry, I could not eat.
(Meskipun saya sangat lapar, saya tidak bisa makan.)

10. Although it was cold, Amelia did not put on her coat.
(Meskipun dingin, Amelia tidak mengenakan mantelnya.)

11. Although the weather was bad, we really had a good time together.
(Meskipun cuacanya buruk, kami benar-benar bersenang-senang bersama.)

12. Lisa never talked to him although she loved him.
(Lisa tidak pernah berbicara dengannya meskipun dia mencintainya.)

13. Everyone enjoyed the trip to the final although we lost the match!
(Semua orang menikmati perjalanan ke final meski kami kalah dalam pertandingan!)

14. Peter, although working harder this term, still needs to put more work into mathematics.
(Peter, meskipun bekerja lebih keras dalam istilah ini, masih perlu menambahkan lebih banyak pekerjaan ke dalam matematika.)

15. Raymond, although very interested, didn’t show any emotion when she invited him to go for a walk.
(Raymond, meskipun sangat tertarik, tidak menunjukkan emosi ketika dia mengundangnya untuk berjalan-jalan.)

16. Karen is coming to stay next week although I’m not sure what day she is coming
(Karen datang untuk tinggal minggu depan meskipun saya tidak yakin hari apa dia akan datang)

17. I dislike the exercises in the morning, although it is great for my health.
(Saya tidak suka latihan di pagi hari, meskipun itu bagus untuk kesehatan saya.)

18. Although your brother is handsome, I dislike him.
(Meskipun saudaramu tampan, aku tidak menyukainya.)

19. I introduce you to my parents, although they don’t like you.
(Saya memperkenalkan Anda kepada orang tua saya, meskipun mereka tidak menyukai Anda.)

20. He passed the final examination, even though he didn’t study hard.
(Dia lulus ujian akhir, meskipun dia tidak belajar keras.)

21. My brother often send me a message, even though I never reply it.
(Abang saya sering mengirimi saya pesan, meskipun saya tidak pernah membalasnya.)

22. She is very beautiful, even though she doesn’t use makeup.
(Dia sangat cantik, meskipun dia tidak menggunakan makeup.)

23. She passed the exam even though she did not study hard
(dia lulus ujian meskipun dia tidak giat belajar)

24. I come to your house, even though it is rain
(Aku datang kerumah mu meskipun saat ini hujan)

25. They send me a message even though I never reply
(Mereka mengirim ku surat meskipun aku tak pernah menjawab)

26. She is beautifull, even though she does not use make up
(Dia cantik, meskipun dia tidak berdandan)

27. She is smart even though she never study
(Dia pandai meskipun dia tidak pernah belajar)

28. I love my friend even though I seldom to meet him
(Aku mencintai temanku meskipun aku jarang bertemu dengan nya)

29. My father does not like watch TV even though he likes football
(Ayahku tidak suka menonton TV meskipun dia suka sepak bola)

30. I do not eat this food, even though I like it
(Aku tidak makan makanan ini, walaupun aku menyukainya)

31. They never love me , even though I love them
(Mereka tidak mencintaiku, meskipun aku mencintainya)

32. I don’t like exercise in the morning, although it is good for our health
(Aku tidak suka berolahraga pada pagi hari, meskipun ini baik untuk kesehatan)

33. Although your sister is beautiful, I don’t like her
(Meskipun saudara perempuan mu cantik, aku tidak menyukainya)

34. Although you love me, I don’t love you
(Meskipun kamu mencintai aku, aku tidak mencintaimu)

35. I introduce you to my mother, although she does not like you
(Aku mengenalkanmu pada ibuku, meskipun dia tidak menyukainya)

36. My mother cooks food although we do not eat
(Ibuku memasak makanan meskipun kita tidak makan)

37. My family go to vacation together although I do not follow
(Keluargaku pergi liburan bersama-sama meskipun aku tidak ikut)

38. I still like eat, although Iam fat now
(Aku masih suka makan, walaupun aku gemuk sekarang)

39. He does not need me, although I need him
(Dia tidak membutuhkan ku, meskipun aku membutuhkanya)

40. We are not free, although it is weekend
(Kita tidak santai meskipun sekarang akhir pekan)

41. I don’t like send the message, although I like communication
(Aku tidak suka mengirim pesan, meskipun aku suka berkomunikasi)

Contoh IN SPITE OF, dan DESPITE dalam Kalimat Concessive Clause

Berikut diberikan beberapa contoh kalimat majmuk bahasa Inggris dengan makna sebaliknya dengan kamimat induknya dengan menggunakan although dan even though
1. I went to work the next day although I was still feeling ill.
(Saya pergi bekerja keesokan harinya meskipun saya masih merasa sakit.)

2. I managed to sleep although the hotel was noisy.
(Saya berhasil tidur meskipun hotel berisik.)

3. The children slept deeply in spite of the noise.
(Anak-anak tidur nyenyak meskipun kebisingan.)

4. In spite of earning a low salary, Sara helped her parents
(Meskipun berpenghasilan rendah, Sara membantu orang tuanya)

5. Kate did not do well in the exam in spite of working very hard.
(Kate tidak berhasil dalam ujian meskipun bekerja sangat keras.)

6. In spite of the difficulty, they managed to solve the math problem.
(Terlepas dari kesulitannya, mereka berhasil memecahkan masalah matematika.)

7. Clare did the work in spite of being ill.
(Clare melakukan pekerjaan itu meskipun sedang sakit.)

8. In spite of all our hard work, a lot of things went wrong.
(Terlepas dari semua kerja keras kami, banyak hal yang salah.)

9. She accepted the job in spite of the low salary.
(Dia menerima pekerjaan itu meskipun gajinya rendah.)

10. He runs fast in spite of his old age.
(Dia berlari cepat meskipun usianya sudah lanjut.)

11. In spite of earning a low salary, Sara helped her parents.
(Meskipun berpenghasilan rendah, Sara membantu orang tuanya.)

12. The children slept deeply in spite of the noise.
(Anak-anak tidur nyenyak meskipun kebisingan.)

13. Jane did not do well in the exam in spite of working very hard.
(Jane tidak berhasil dalam ujian meskipun bekerja sangat keras.)

14. In spite of the difficulty, they managed to solve the math problem.
(Terlepas dari kesulitannya, mereka berhasil memecahkan masalah matematika.)

15. Even though he never completed college, he runs a successful software company.
(Meskipun ia tidak pernah menyelesaikan kuliahnya, ia menjalankan perusahaan perangkat lunak yang sukses.)

16. Cynthia is not ashamed of what she does, even though she ends up doing something wrong.
(Cynthia tidak malu dengan apa yang dia lakukan, meskipun dia akhirnya melakukan kesalahan.)

17. Even though I work by muself, there are other people I can interact with.
(Meskipun saya bekerja dengan muself, ada orang lain yang bisa saya ajak berinteraksi.)

18. Ruth woke up feeling refreshed despite Dave calling at midnight.
(Ruth bangun dengan perasaan segar meskipun Dave menelepon tengah malam.)

19. I want to go for a run despite this rain.
(Saya ingin berlari meskipun hujan.)

20. Despite eating McDonalds regularly, Tina remained slim.
(Meskipun makan McDonalds secara teratur, Tina tetap langsing.)

21. Kate went to the carnival despite the hot weather.
(Kate pergi ke karnaval meskipun cuaca panas.)

22. She bought a new pair of shoes despite the fact that she already had 97 pairs.
(Dia membeli sepasang sepatu baru meskipun faktanya dia sudah memiliki 97 pasang.)

23. Despite having sensitive teeth, she went liked ice cream.
(Meskipun memiliki gigi sensitif, dia menyukai es krim.)

24. She went to the cinema in spite of the fact that she was exhausted.
(Dia pergi ke bioskop terlepas dari kenyataan bahwa dia kelelahan.)

25. In spite of the fact that he studied very hard, he still didn’t pass the exam.
(Terlepas dari kenyataan bahwa dia belajar sangat keras, dia masih tidak lulus ujian.)

26. Actually, the idea was appealing – in spite of his clumsy invitation.
(Sebenarnya, ide itu menarik – terlepas dari undangannya yang canggung.)

27. I find it hard to realize that Christmas is almost here, in spite of the fact that Helen talks about nothing else.
(Saya merasa sulit untuk menyadari bahwa Natal hampir tiba, terlepas dari kenyataan bahwa Helen tidak membicarakan hal lain.)

28. In spite of her resolve, she responded.
(Terlepas dari tekadnya, dia merespons.)

29. Ranny woke up early morning despite his boyfriend was calling her at midnight.
(Ranny bangun pagi-pagi meskipun pacarnya memanggilnya tengah malam.)

30. I want to go a drugstore despite it is raining.
(Saya ingin pergi ke toko obat meskipun hujan.)

31. Despite having the sensitive teeth, Dinna love eating ice cream.
(Meski memiliki gigi sensitif, Dinna suka makan es krim.)

32. We went to the cinema in spite of the fact that we were so exhausted.
(Kami pergi ke bioskop terlepas dari kenyataan bahwa kami sangat kelelahan.)

33. In spite of the fact that she studied so hard, she still didn’t pass the final examination.
(Terlepas dari kenyataan bahwa dia belajar sangat keras, dia masih tidak lulus ujian akhir.)

Begitulah penggunaan kata ALTHOUGH, EVEN THOUGH, IN SPITE OF, dan DESPITE dalam kalimat Concessive Clause sebagai punnjuk pemaknahan yang sebaliknya. Jenis kalimat seperti ini sudah bukan Simple Sentence lagi tapi sudah complex sentence.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks News Item +kunci+jawaban

Kumpulan Soal Report Text SMA dan Pembahasan

Spoof Text Beserta Soal dan Jawaban (toilet bus)